Connect with us

Pemerintahan

Dinas PUPR Jombang Canangkan Irigasi Modern

Diterbitkan

||

Dinas PUPR Jombang Canangkan Irigasi Modern

Memontum Jombang – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Jombang mencanangkan program irigasi modern guna peningkatan kinerja layanan irigasi berkelanjutan dari program sistim perencanaan pembangunan nasional (SPPN).

Dalam rangka peningkatan kinerja layanan irigasi, Pemerintah mencanangkan program pembangunan nasional berkelanjutan yang tertuang dalam Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) yang bertujuan: Pertama Mendukung koordinasi antar pelaku pembangunan, kedua, Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar daerah, antar Ruang, antar waktu, antar fungsi pemerintah maupun antara Pusat dan Daerah, Ketiga, Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan. Keempat Mengoptimalkan partisipasi masyarakat. Kelima, Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Hal ini disampaikan oleh kepala dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Jombang Miftahul Ulum ST. MT ketika dikonfirmasi oleh media, Senin (20/4/2020)

Program tersebut menurut Ulum Sejalan dengan UU No. 17/2007 Tentang RPJPN 2005 – 2025, UU No.18/ 2012
tentang Pangan, dan UU No. 19/2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, maka arah Kebijakan Umum Ketahanan Pangan dalam RPJMN 2015 – 2019 adalah : i Pemantapan ketahanan pangan menuju kemandirian pangan dengan peningkatan produksi pangan pokok (ii) stabilisasi harga bahan pangan (iii) Perbaikan kualitas konsumsi pangan dan gizi masyarakat (iv) Mitigasi gangguan terhadap ketahanan pangan (v) Peningkatan kesejahteraan pelaku usaha pangan terutama petani, nelayan, dan pembudidayaan ikan.

Lanjut Ulum, Sasaran utama pembangunan ketahanan air sesuai RPJMN 2015 – 2019 diantaranya adalah mendukung program Nawacita Pemerintah dalam hal kedaulatan pangan melalui rehabilitasi 1,5 juta Ha jaringan irigasi dan pembangunan 1 juta Ha jaringan irigasi serta Operasi dan Pemeliharaan (OP) jaringan irigasi seluas 5 juta Ha sampai dengan 2019 yang meliputi jaringan irigasi permukaan, jaringan irigasi rawa dan jaringan irigasi air tanah. Sejalan dengan Renstra Kementerian PUPR 2015 – 2019

Sementara itu, bidang Irigasi, Pemerintah melaksanakan program ketahanan pangan melalui rehabilitasi dan OP jaringan Irigasi dan Rawa di 74 Kabupaten yang masuk dalam IPDMIP (Program Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi Partisipatif Terpadu). Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang merupakan salah satu dari 74 Kabupaten yang mendapatkan Program IPDMIP ini melalui Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang sebagai tim penyelenggara kegiatan IPDMIP.

Program IPDMIP ini diharapkan akan mendorong pembaharuan-pembaharuan dalam pemerintahan sektor irigasi sebagai upaya menjamin berkelanjutannya peningkatan infrastruktur jaringan irigasi, operasi pemeliharaan dan perbaikan pengelolaan.

Maksud dilakukannya Modernisasi Irigasi yang merupakan bagian dari program IPDMIP oleh Dinas PUPR Kabupaten Jombang adalah untuk mewujudkan sistem pengelolaan irigasi partisipatif yang berorientasi pada peningkatan layanan irigasi atas dasar sistem pengelolaan irigasi secara utuh, secara efektif, efisien dan berkelanjutan

Perlu diketahui, Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional dengan berbasis pada 5 (lima) Pilar Modernisasi Irigasi yang terdiri dari : i) Peningkatan dalam penyediaan air ii) Perbaikan sarana dan prasarana irigasi iii) Penyempurnaan sistem pengelolaan irigasi iv) Penguatan institusi pengelola irigasi v) Pemberdayaan sumberdaya manusia pengelola irigasi.Dokumentasi Kegiatan IPDMIP di Kabupaten Jombang, pungkasnya (wis/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler